Masyarakat Kota Batu Ikuti Operasi Katarak Gratis

 

SURYAMALANG.COM, BATU - Jumlah penderita penyakit mata katarak di Jawa Timur menjadi salah satu yang terbanyak di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia atau Indonesian Ophthalmologist Association (PERDAMI) Malang Raya, dr Aulia Abdul Hamid M Biomed-sc SpM (K), saat Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis yang digelar oleh PT Erela bekerja sama dengan Perdami Malang Raya dan Klinik Malang Eye Center (MEC), Sabtu (10/8/2024).

“Dari RAP terakhir penderita katarak di Jawa Timur itu masih salah satu tertinggi di Indonesia."

"Sekitar 4 persen jadi masih cukup banyak. Apalagi jumlah penduduk di Jawa Timur termasuk terbesar juga ya, menjadi provinsi terpadat di Indonesia,” kata Aulia Abdul Hamid, Sabtu (10/8/2024).

Selain mengakibatkan gangguan penglihatan hingga kebutaan, katarak juga membuat penderitanya tidak produktif, sehingga menjadi persoalan sosial.

Terkait penyebabnya, selain karena faktor usia juga dapat dikarenakan paparan sinar UV, penyakit diabetes, dan penyakit atau konsumsi obat tertentu sehingga mengakibatkan timbulnya penyakit katarak.

“Dan di sinilah peran kita untuk bekerjasama sehingga jangan sampai ada lagi kebutaan karena katarak,” ujarnya.

Untuk itu, PT Erela bekerjasama dengan Perdami Malang Raya dan Klinik Malang Eye Center (MEC) menggelar bakti sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat Kota Batu di MEC Batu pada Sabtu (10/8/2024), yang diikuti 17 pasien operasi katarak dari total 32 pasien yang mengikuti screening.

“Sejalan dengan kondisi di lapangan bahwa prevalensi penyakit katarak belum sepenuhnya tertangani dengan baik, sebagai wujud nyata komitmen kami pada masyarakat dalam 3 tahun terakhir ini kami cukup aktif dalam kegiatan bakti katarak."

"Kami telah melakukan kegiatan bakti katarak lebih dari 23 titik di diwilayah tanah air,” jelas Hospital Promotion Manager dari PT Erela, Isnawan Adiprasetya.

Selain di Kota Batu dan di Kota-kota lain di Jawa Timur, bakti sosial operasi katarak gratis ini juga akan digelar di daerah lainnya diantaranya di Denpasar, Ruteng NTT dan di Konawe Sulawesi Tenggara.

“Semester dua ini kami masih melanjutkan bakti sosial operasi katarak khususnya di titik lokasi Indonesia Timur,” pungkasnya.








SUMBERhttps://suryamalang.tribunnews.com/2024/08/10/masyarakat-kota-batu-ikuti-operasi-katarak-gratis


Masyarakat Kota Batu Ikuti Operasi Katarak Gratis Masyarakat Kota Batu Ikuti Operasi Katarak Gratis Reviewed by wongpasar grosir on August 13, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.