Info Pendaftaran CPNS 2021 Jawa Barat, Lengkap serta Kuota, Formasi, dan Persyaratannya

 


TRIBUNJABAR.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membuka pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK 2021. Jadwal pendaftaran segera diumumkan.

Jenis penetapan kebutuhan PNS dibagi menjadi empat, yakni jalur cumlaude, disabilitas, diaspora, dan putra/putri Papua dan Papua Barat.

Anda yang akan mendaftar CPNS 2021 atau PPPK 2021 jalur cumlaude (lulusan terbaik) harus memenuhi persyaratan seperti lulusan terbaik dari perguruan tinggi akreditasi A dan program studi akreditasi A saat kelulusan.

Artinya, bila kampus termasuk akreditasi A namun program studi B maka Anda tidak bisa memilih jalur cumlaude.

Akreditasi juga harus disesuaikan saat Anda lulus. Bila perguruan tinggi terakreditasi A setelah Anda lulus maka Anda tidak bisa mendaftar jalur cumlaude.

Dikutip dari akun Twitter BKN, cara untuk mengecek akreditasi adalah sebagai berikut.

1. Akses laman pddikti.kemendikbud.go.id

2. Lalu cari perguruan tinggi atau program studi di kotak pencarian

Selain itu Anda juga bisa menggunakan cara berikut ini.

1. Akses banpt.or.id

2. Cari data akreditasi institusi atau program studi

Berdasarkan kabar terbaru pendaftaran CPNS 2021 kemungkinan dibuka sebelum 30 Juni 2021.

Jadwal tersebut juga berpengaruh pada pendaftaran CPNS 2021 yang dibuka pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten termasuk CPNS Pemprov Jabar.

Pemerintah belum mengumumkan secara pasti tanggal pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK 2021

Namun, pendaftaran diperkirakan dibuka akhir Juni.

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK 2021.

Pendaftaran seleksi CPNS 2021 akan digelar secara bersamaan dengan seleksi PPPK Non Guru dan PPPK Guru 2021.

"Rencananya berbarengan akhir Juni," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (16/6/2021) lalu, ketika ditanya mengenai jadwal pendaftaran CPNS 2021.

Kendati tanggal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 belum diumumkan secara resmi, namun pelaksanaan rekrutmen tersebut diperkirakan akan berlangsung sebelum tanggal 30 Juni 2021.

"Mudah-mudahan sebelum itu (tanggal 30 Juni)," ucapnya, ketika menyampaikan perkiraan periode pembukaan pendaftaran CPNS 2021.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membuka sekitar 500 posisi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 16 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Masyarakat yang berminat mendaftar pun diminta bersiap-siap untuk memenuhi persyaratan administrasinya.

"Kalau untuk formasi, kita sudah ada penetapan dari sana. Tapi yang jelas tahun ini agak lumayan banyak itu untuk pegawai PPPK. Untuk yang CPNS itu sekitar 500, PPPK untuk guru itu sekitar 16 ribuan," kata Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentiaan, dan Formasi Kepegawaian, pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat, Hermin Wijaya, Rabu (19/5/2021).

Pengadaan 16 ribu PPPK untuk posisi guru, katanya, memang dinilai cukup banyak. Mereka dialokasikan untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB.

Hermin mengatakan, ia belum bisa memberikan detail posisi tersebut karena belum mendapat arahan dari pemerintah pusat.

"CPNS untuk tenaga kesehatan kebanyakan, contohnya, seperti perawat dan dokter. Terus ada tenaga teknis. Tenaga kesehatan itu sekitar 200-an dari 500-an. Sisanya tenaga teknis, sesuai kebutuhan perangkat daerah yang ada di Pemprov Jabar," katanya.

Hermin mengatakan rencana pengadaan CPNS dan PPPK tersebut sudah diterimanya, tapi masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk teknis pengumuman dan pelaksanaannya.

"Tapi untuk ancang-ancang pengumumannya itu sudah ada. Akhir bulan ini rencana pengumuman, pengumuman sama Pemprov Jabar tapi ada arahan dari pusat. Seperti teknis narasinya apa yang harus dimunculkan, tanggal berapa, pendaftaran berapa lama, itu menunggu dari pusat," katanya.

Persyaratan

Hermin mengatakan masyarakat diminta mempersiapkan berbagai persyaratan adminitrasi yang diperlukan untuk pendaftaran CPNS 2021.

Persyaratan administrasi, dari mulai identitas diri, surat tanda pendidikan, sampai surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

"Tentunya belajar mah harus, kayak soal-soal jawaban tes CPNS begitu. Terpenting juga adalah jangan percaya kabar-kabar yang beredar, selain dari BKD. Kan suka banyak beredar di grup WA seperti itu," katanya.

Masyarakat pun, katanya, jangan sampai tertipu oleh pihak-pihak yang menjanjikan bisa membantu kelulusan CPNS arau PPPK dengan syarat uang.

Sebab sampai penerimaan CPNS tahun lalu, masih saja ada yang tertipu rayuan pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Yang jelas jangan ada yang tergiur sama tawaran terkait uang. Tes CPNS kemarin dan tes kesehatannya kita yang biayai. Jangan tergiur sama tawaran bayaran uang yang katanya tidak usah tes untuk formasi tertentu. Yang seperti itulah jangan dipercaya," katanya.

Tes CPNS, katanya, bisa diikuti siapa pun sesuai administrasinya.

Sedangkan untuk tes PPPK hanya bisa diikuti guru honorer yang terdaftar pada data pokok pendidikan.

"Kekhususan PPPK tahun ini, ada tiga kali kesempatan untuk tes. Kalau tes pertama tidak lulus, bisa yang kedua, lalu yang ketiga. Kalau CPNS biasa ada CAT, SKD, ada SKB. BKD Provinsi menunggu dari Kemenpan, gongnya sudah ada, nanti kami umumkan. Semua persiapan sudah siap, tinggal nunggu pencet to

"Yang jelas jangan ada yang tergiur sama tawaran terkait uang. Tes CPNS kemarin dan tes kesehatannya kita yang biayai. Jangan tergiur sama tawaran bayaran uang yang katanya tidak usah tes untuk formasi tertentu. Yang seperti itulah jangan dipercaya," katanya.

Tes CPNS, katanya, bisa diikuti siapa pun sesuai administrasinya.

Sedangkan untuk tes PPPK hanya bisa diikuti guru honorer yang terdaftar pada data pokok pendidikan.

"Kekhususan PPPK tahun ini, ada tiga kali kesempatan untuk tes. Kalau tes pertama tidak lulus, bisa yang kedua, lalu yang ketiga. Kalau CPNS biasa ada CAT, SKD, ada SKB. BKD Provinsi menunggu dari Kemenpan, gongnya sudah ada, nanti kami umumkan. Semua persiapan sudah siap, tinggal nunggu pencet tombol dari sana," katanya.










SUMBERhttps://jabar.tribunnews.com/2021/06/23/info-pendaftaran-cpns-2021-jawa-barat-lengkap-serta-kuota-formasi-dan-persyaratannya?page=3



Info Pendaftaran CPNS 2021 Jawa Barat, Lengkap serta Kuota, Formasi, dan Persyaratannya Info Pendaftaran CPNS 2021 Jawa Barat, Lengkap serta Kuota, Formasi, dan Persyaratannya Reviewed by wongpasar grosir on August 29, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.