Geger Warga Lereng Gunung Raung Mengaku Bertemu Macan Tutul, Aparat Turun Cek Lapangan

 


SURYAMALANG.COM|BANYUWANGI - Warga Dusun Kampunganyar, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi dihebohkan dengan pengakuan warga yang bertemu hewan serupa macan tutul saat berkebun.

Kabar tersebut ramai diperbincangkan oleh warga sekitar dalam beberapa hari terakhir.

Menindaklanjuti informasi itu, aparat dari Polsek, Koramil, dan Pemdes turun langsung mengecek kebenaran kabar itu, Senin (5/12/2022).

Langkah itu dilakukan untuk menghindari kesimpangsiuran kabar yang berpotensi menyebabkan warga panik dan resah.

Kapolsek Songon AKP Eko Darmawan mengatakan, seorang warga yang mengakui bertemu dengan macam tutul bernama Edi.

Anggota gabungan telah bertemu dengan Edi untuk mengklarifikasi informasi yang beredar.

"Dan benar, warga tersebut mengaku bertemu macan tutul saat aktivitas berkebun beberapa hari lalu," kata Eko.

Kapolsek bersama petugas lain juga turun ke lokasi tempat Edi bertemu dengan binatang buas itu.

Lokasi tersebut berada di sekitar pohon beringin dan hulu mata air di lereng Gunung Raung. Edi, kepada petugas, mengaku bertemu macan tutul saat ia tengah membersihkan saluran mata air tersebut beberapa hari lalu.

Dalam pencarian di lokasi itu, petugas belum menemukan adanya aktivitas macan tutul seperti yang dilaporkan warga.

Meski demikian, pihaknya mengimbau agar warga setempat tak panik dan selalu waspada saat beraktivitas di daerah perkebunan itu.

Masyarakat, lanjut dia, dipersilahkan untuk tetap beraktivitas seperti biasanya. Pihaknya juga melarang adanya perburuan liar.

"Kami akan berkoordinasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) agar ditindaklanjut," sambung Kapolsek.

Kepala Desa Sumberarum Ali Nurfathoni mengatakan, ada beberapa warga yang melapor menemui hewan serupa macan tutul dalam sepekan terakhir.

Laporan yang ia terima, macan tutul yang ditemui ada yang berukuran kecil dan relatif besar. Artinya, warga mengaku menjumpai tak cuma satu ekor macan tutul.

"Kami mengimbau agar warga tetap berhati-hati ketika berladang dan jangan melakukan perburuan liar," ucap dia. 








SUMBERhttps://suryamalang.tribunnews.com/2022/12/05/geger-warga-lereng-gunung-raung-mengaku-bertemu-macan-tutul-aparat-turun-cek-lapangan?jxrecoid=01d70262-aa67-445d-a33d-311e00b6bbed~hp_tbn&source=widgetArtikelRekomendasi&engine=JXA

Geger Warga Lereng Gunung Raung Mengaku Bertemu Macan Tutul, Aparat Turun Cek Lapangan Geger Warga Lereng Gunung Raung Mengaku Bertemu Macan Tutul, Aparat Turun Cek Lapangan Reviewed by wongpasar grosir on July 05, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.