Geliat Pedagang Hewan Kurban Mulai Bermunculan di Kota Malang Jelang Idul Adha 2024

 


SURYAMALANG.COM, MALANG - Jelang Idul Adha 2024, pedagang hewan kurban telah bermunculan di Kota Malang.

Salah satunya adalah Kandang Rahayu yang berada di Jalan Akordion dan Jalan Tunggul Wulung, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Di tahun 2024 ini, penjualan hewan kurban diprediksi mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan larisnya penjualan sapi di tempat tersebut.

Petugas pemasaran Kandang Rahayu, Sami'an membenarkan hal tersebut.

"Bawa 40 ekor, sudah laku 20 ekor, jadi sudah separuh. Di sini ada jenis sapi Madura dan sapi silang. Namun yang paling banyak dicari, adalah sapi Madura," ujarnya kepada SURYAMALANG.COM, Senin (3/6/2024).

Menurutnya, sapi Madura lebih dicari pembeli, lantaran dagingnya lebih tebal dibandingkan sapi biasa. Selain itu, kulitnya juga tipis dan tulangnya tidak sebesar sapi biasa. 

un yakin, permintaan sapi kurban akan terus meningkat hingga beberapa hari menjelang Idul Adha.

"Biasanya mulai H-10 sampai H-3, pesanan pembelian sudah banyak. Dan kami berjualan sampai H+1," tambahnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Kandang Rahayu, Sodikin menuturkan, bahwa peningkatan permintaan diyakini karena tahun ini sudah tidak ada lagi isu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sebagai informasi, di saat musim PMK pada tahun lalu, ia hanya mampu menjual sebanyak 50 ekor sapi.

"Harapan kami bisa laku 100 persen. Dan disini, tiap hewannya sudah ada barcode di telinga, sebagai penanda sudah lolos kesehatan," ungkapnya.

Untuk sisi harga, pihaknya juga menyebut ada tren kenaikan. Penyebabnya pun sama, karena tidak ada lagi isu PMK.

Di Kandang Rahayu sendiri, harga sapi bervariatif. Mulai Rp 28 juta untuk sapi seberat kisaran 400 kilogram hingga yang termahal Rp 50 juta untuk sapi seberat 600 kilogram.

"Di tahun kemarin, masih ada PMK, sehingga orang-orang takut beli sapi. Untuk tahun ini, alhamdulillah tidak ada. Dan harapan kami, bisa cepat laku dan habis, karena permintaan dari pembeli juga mulai banyak," pungkasnya.








SUMBERhttps://suryamalang.tribunnews.com/2024/06/03/geliat-pedagang-hewan-kurban-mulai-bermunculan-di-kota-malang-jelang-idul-adha-2024

Geliat Pedagang Hewan Kurban Mulai Bermunculan di Kota Malang Jelang Idul Adha 2024 Geliat Pedagang Hewan Kurban Mulai Bermunculan di Kota Malang Jelang Idul Adha 2024 Reviewed by wongpasar grosir on June 05, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.