Perahu Air di Taman Asreboyo Seperti Ini Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Baru Surabaya





 SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Taman Asli Arek Suroboyo (Asreboyo), Minggu (20/5/2023). Kini, taman di Ngagel, Kecamatan Wonokromo Surabaya tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Dengan luas 853 m2, Taman Asreboyo kini memiliki jogging track, Lapangan Basket 3 on 3, Skatepark, arena bermain anak, hingga Wahana Perahu Air. Bagi Cak Eri, ini akan menjadi lokasi wisata baru di Kota Pahlawan.

Taman Asreboyo Ngagel Surabaya merupakan rancangan Eri Cahyadi sejak masih menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. Sambil bercerita, ia ingin membangun taman yang bisa menggerakan perekonomian warga sekitar.

Dalam konsepnya, Taman Asreboyo Ngagel akan disinergikan dengan perkampungan. Berada di dekat taman, perkampungannya di Jalan Darmokali akan dijadikan kampung wisata.

Ini akan memproduksi UMKM. Semakin lengkap, karena kawasan ini juga memiliki dermaga untuk menunjang Wisata Perahu Air Ngagel.

“Di samping untuk olahraga, juga ada makanan khas Surabaya untuk UMKM. Nanti diseberang, dari  kampung Darmokali termasuk dari Kelurahan Darmo, saya siapkan jadi kampung wisata," katanya.

"Saya sudah bilang ke Pak RT/RW dan camat, nanti secara otomatis kita bisa berjalan di sana. Nanti ada UMKM, karena saya terus terang ketika membangun sesuatu maka harus bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Mereka bisa berjualan berbagai produk kuliner. "Makanan-makanan yang disajikan bervariasi. Sehingga pilihannya banyak, orang ke sini menjadi nyaman,” jelasnya.

Dengan demikian, Taman Asreboyo Ngagel diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata keluarga. Apalagi, dengan fasilitas olahraga bagi anak dan keluarga, serta ditunjang dengan Wahana Perahu Air.

“Perahu ini sebenarnya untuk menyebrang ke Darmo sekaligus berputar sampai dengan pintu air, sampai jembatan Hujung Galuh lalu kembali lagi," katanya.

"Jadi bisa buat keluarga, berkumpul bersama keluarga untuk menikmati suasana. InsyaAllah kita buat juga pertandingan basket 3 on 3, lombanya disini dan untuk Skateboard juga ada,” terangnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan bahwa Taman Asreboyo dibuka mulai pukul 07.00 - 22.00 WIB. Taman ini akan menggerakan perekonomian warga sekitar melalui UMKM.

“Wahana Perahu Air akan dikelola oleh Disbudorapar Surabaya. Kita berharap taman ini bisa menjadi jujukan bagi warga Surabaya,” kata Hebi.

Sebelum meresmikan Taman Asreboyo Ngagel Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi didampingi Ketua Tim PKK Surabaya Rini Indriyani melakukan Gowes Sunmori bersama berbagai komunitas sepeda. Mereka berkumpul di Halaman Balai Kota Surabaya pukul 06.00 WIB dan bersepeda 20 KM jauhnya. (








SUMBER : https://suryamalang.tribunnews.com/2023/05/21/perahu-air-di-taman-asreboyo-seperti-ini-diharapkan-jadi-destinasi-wisata-baru-surabaya
Perahu Air di Taman Asreboyo Seperti Ini Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Baru Surabaya Perahu Air di Taman Asreboyo Seperti Ini Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Baru Surabaya Reviewed by wongpasar grosir on May 22, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.