20 Warga Madiun Terserang Chikungunya, Dinkes Gencar Lakukan Fogging


Fogging digerncarkan di kawasan wabah chikungunya Foto: Istimewa (Dok Dinkes Madiun)



Madiun - Sebanyak 20 warga Desa Sukorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, terjangkit chikungunya. Mereka secara mendadak mengalami ngilu dan hampir lumpuh.

"Data kami ada 20 warga yang terkena chikungunya di Desa Sukorejo, Kecamatan Saradan. Gejalanya ngilu dan ada yang hampir mengalami kelumpuhan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Agung Tri Widodo, saat dikonfirmasi detikJatim, Jumat (27/1/2022).

20 Warga terserang chikungunya tersebut, kata Agung, terjadi selama Januari 2023. Pihak dinas kesehatan telah melakukan berbagai upaya agar kasus chikungunya tidak berkembang.

"Jumlah tersebut hanya bulan Januari ini. Kita sudah melakukan upaya menekan kasus chikungunya tersebut," jelasnya.

Agung mengatakan, upaya yang dilakukan dalam pencegahan chikungunya di antaranya dengan fogging. Selain itu menerapkan program tidur dengan kelambu (Durlambu) setiap rumah.

"Kita rutin pengasapan atau fogging dan lebih kita utamakan pemberantasan jentik nyamuk. Kita terus imbau masyarakat menguras bak air," tambahnya.

Agung mengatakan, saat ini juga dilakukan pembentukan tim Jumantik di setiap rumah. Tim jumantik di setiap rumah akan memantau perkembangan jentik nyamuk dan dilakukan pemberantasan.

"Kita juga menggalakkan pembentukan tim juru pemantau jentik nyamuk di setiap rumah harus ada," paparnya.

Selain mewaspadai chikungunya, Dinkes Kabupaten Madiun juga mewaspadai kasus demam berdarah. Pada tahun 2022, terdapat 274 temuan kasus DBD dan dua di antaranya meninggal dunia.

"Kita juga masih mewaspadai demam berdarah. Tahun kemarin ada 274 kasus dan dua di antaranya meninggal dunia," ungkap Agung.

Agung menambahkan, saat ini 26 puskesmas perawatan dan rawat jalan telah disiagakan untuk antisipasi lonjakan pasien DBD.

"Untuk puskesmas total 26 dengan rincian 16 perawatan dan 10 rawat jalan," tandasnya.

Sugeng Harianto - detikJatim

20 Warga Madiun Terserang Chikungunya, Dinkes Gencar Lakukan Fogging 20 Warga Madiun Terserang Chikungunya, Dinkes Gencar Lakukan Fogging Reviewed by wongpasar grosir on January 27, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.