Duka Lara Petani di Kabupaten Malang, Harga Tomat Turun Drastis, Per Kilo Hanya Dibanderol Rp 1000

 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Petani di Malang Raya, khususnya di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, beberapa bulan terakhir mengeluhkan terkait harga tomat yang anjlok.

Menurut petani tomat, Suwito asal Desa Tawangargo Malang, sudah beberapa bulan terakhir ini harga tomat di bawah harapan.

Bahkan harganya tiap minggu kian menurun hingga puncaknya saat ini harga per kilogram tomat hanya Rp 1000 dari petani.

“Kalau harganya pas bagus seperti beberapa bulan lalu itu per kilo mencapai Rp 15.000."

"Sekarang cuma laku Rp 1000. Kalau dibilang rugi ya pasti rugi,” kata Suwito kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (4/9/2024).

Menurut Suwito kondisi harga tomat saat ini di Malang anjlok karena banyak petani yang menanam tomat dan saat ini tengah panen.

Sehingga banyak penjual dibandingkan permintaan pembeli.

“Sebabnya mungkin karena banyak yang nanam sehingga banyak barangnya. Jadi harganya anjlok gini,” ujarnya.

Terkait kerugian, Suwito mengaku dari modal yang ia keluarkan untuk menanam tomat hingga panen Rp 5 juta, hanya bisa kembali Rp 3 juta.

Sehingga ia harus merugi sekitar Rp 2 juta.

“Ya sekarang sebagian lahan tomat saya tanami sayuran jenis selada andeli dan lettuce karena harganya masih bagus untuk menutup kerugian,” terangnya.








SUMBERhttps://suryamalang.tribunnews.com/2024/09/04/duka-lara-petani-di-kabupaten-malang-harga-tomat-turun-drastis-per-kilo-hanya-dibanderol-rp-1000


Duka Lara Petani di Kabupaten Malang, Harga Tomat Turun Drastis, Per Kilo Hanya Dibanderol Rp 1000 Duka Lara Petani di Kabupaten Malang, Harga Tomat Turun Drastis, Per Kilo Hanya Dibanderol Rp 1000 Reviewed by wongpasar grosir on September 06, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.